Gejala Kista Bartholin

Apa kelenjar Bartholin?
Kelenjar Bartholin camera.gif adalah dua organ kecil di bawah kulit di area kelamin wanita. Mereka berada di kedua sisi lipatan kulit (labia) yang mengelilingi vagina dan uretra. Sebagian besar waktu, Anda tidak bisa merasakan atau melihat kelenjar ini.
Gejala Kista Bartholin

Kelenjar Bartholin membuat sejumlah kecil cairan yang membasahi daerah genital luar, atau vulva. Cairan ini keluar dari dua tabung kecil di sebelah lubang vagina. Tabung ini disebut duktus Bartholin.

Apa itu kista kelenjar Bartholin?
Jika saluran Bartholin tersumbat, cairan terbentuk di kelenjar. Kelenjar yang tersumbat disebut kista kista kelenjar Bartholin. (Terkadang disebut kista duktus Bartholin.) Kista ini bisa berkisar dari kacang ke marmer besar. Mereka biasanya tumbuh perlahan. Jika kelenjar Bartholin atau saluran terinfeksi, itu disebut abses kelenjar Bartholin.

Kista kelenjar Bartholin seringkali kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit. Beberapa pergi tanpa pengobatan. Tapi jika Anda memiliki gejala, Obat kista bartholin agar cepat pecah sangat di rekomendasikan bagi anda. Anda mungkin menginginkan perawatan. Jika kista terinfeksi, Anda memerlukan perawatan.

Apa yang menyebabkan kista kelenjar Bartholin?
Hal-hal seperti infeksi, lendir tebal, atau pembengkakan dapat menghalangi saluran kelenjar Bartholin dan menyebabkan kista. Kista bisa bertambah besar setelah berhubungan seks, karena kelenjar membuat cairan lebih banyak saat berhubungan seks.

Kista Bartholin yang terinfeksi kadang kala disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Anda dapat menurunkan risiko IMS dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks.

Apa gejalanya?
Anda mungkin tidak memiliki gejala apapun jika kista kelenjar Bartholin berukuran kecil. Tapi kista besar atau kista yang terinfeksi (abses) dapat menyebabkan gejala.

Gejala kista yang tidak terinfeksi meliputi:

Sebuah benjolan tanpa rasa sakit di daerah vulva.
Kemerahan atau bengkak di daerah vulva.
Ketidaknyamanan saat Anda berjalan, duduk, atau berhubungan seks.
Gejala kista yang terinfeksi meliputi:

Rasa sakit yang memburuk dan membuat sulit untuk berjalan, duduk, atau bergerak.
Demam dan menggigil
Bengkak di daerah vulva.
Drainase dari kista.

Bagaimana kista kelenjar Bartholin didiagnosis?
Anda mungkin menemukan kista kelenjar Bartholin sendiri, atau dokter Anda mungkin memeriksanya saat menjalani pemeriksaan fisik. Jika tidak menimbulkan gejala, Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda memilikinya.

Abses didiagnosis berdasarkan tanda-tanda infeksi, seperti demam atau bengkak, dan nyeri di daerah vulva.

Dalam beberapa kasus, terutama jika Anda lebih tua, dokter Anda mungkin mengeluarkan kista untuk memastikan bahwa itu bukan kanker atau masalah lain.

Bagaimana mereka diperlakukan?
Beberapa kista kelenjar Bartholin hilang tanpa pengobatan. Anda bisa mengonsumsi obat sakit nonprescription seperti ibuprofen (Advil atau Motrin, misalnya) untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk membantu penyembuhan, rendam area di bak mandi yang dangkal, hangat, atau bak mandi sitz. Jangan melakukan hubungan seks sementara kista Bartholin menyembuhkan.

0 komentar